Melayani: Pengadaan, Pemeliharaan, Perbaikan, Modifikasi, Jual beli : HT, RIG, Repeater, Power suplly, Antena, Rotator, Asesoris komunikasi dan Elektronik lainnya.
Home » , » RADIO KOMUNITAS

RADIO KOMUNITAS

Written By Unknown on 21 April 2013 | 11:58 AM


RADIO KOMUNITAS

 Perkembangan industri radio sangat pesat di era globalisasi sekarang ini. Tepatnya, dimana reformasi bergabung dan segala kreativitas tanpa batas, ide-ide untuk mendirikan stasiun radio pun subur dimana-mana
diantaranya Radio Swasta dan RADIO KOMUNITAS.
Kali ini saya coba bahas sedikit tentang Radio Komunitas yang sedang tren akhir akhir ini.
Radio komunitas adalah stasiun siaran radio yang dimiliki, dikelola,diperuntukkan, diinisiatifkan dan didirikan oleh sebuah komunitas. Pelaksana penyiaran (seperti radio) komunitas disebut sebagai lembaga penyiaran komunitas.
Radio komunitas juga sering disebut sebagai radio sosial, radio pendidikan, atau radio alternatif. Intinya, radio komunitas adalah "dari, oleh, untuk dan tentang komunitas".

Perbedaan Radio Komunitas dengan Radio Swasta :
Dilihat dari segi pengelolaannya Radio komunitas dikelola dengan memperhatikan aspek keterlibatan warga atau komunitas. Tujuan kegiatan penyiaran di radio komunitas melayani kebutuhan informasi warganya sehingga keterlibatan mereka dalam merumuskan program sangat penting.
Hal berbeda terjadi di dunia radio swasta. Lembaga ini berdiri untuk meraih pendengar sebanyak-banyaknya sehingga aspek rating sangat diperhitungkan sebagai ukuran berhasil atau kurang berhasilnya stasiun radio tersebut. Hidup dan matinya radio swasta terletak pada pemasukan iklan sehingga seluruh kreativitas diukur dari segmen pasar yang disasar.
Singkat kata, radio komunitas mengutamakan kepentingan dan kebutuhan warga di wilayah tempat radio tersebut sementara radio swasta diarahkan kepada segmen pasar.
Radio komunitas menyajikan tema-tema yang dibutuhkan warga setempat, seringkali bahasa yang digunakan oleh penyiar mengikuti dan atau mempergunakan bahasa lokal dan kebiasaan berbicara setempat.
Hal berbeda banyak radio radio swasta cenderung berbahasa Indonesia ditambah dengan mengikuti gaya bicara orang kota (Jakarta) supaya terlihat modern dan gaul.

Perkembangan di Indonesia
Radio komunitas di Indonesia mulai berkembang pada tahun 2000. Radio komunitas merupakan buah dari reformasi politik tahun 1998 yang ditandai dengan dibubarkannya Departemen Penerangan sebagai otoritas tunggal pengendali media di tangan pemerintah. Keberadaan radio komunitas di Indonesia semakin kuat setelah disahkannya Undang-undang nomor 32 tahun 2002 tentang Penyiaran.

Radio komunitas sampai saat ini masih menghadapi kesulitan di regulasi. Setelah mendapat pengakuan dari UU Penyiaran tahun 2002, regulasi yang berada di bawahnya seperti Peraturan Pemerintah[1] yang mengatur lebih detail soal perizinan atau frekuensi masih belum mendukung perkembangan radio komunitas.

Untuk post selanjutnya akan saya coba bahas Undang-undang nomor 32 tahun 2002 tentang Penyiaran
Anda juga dapat melihat di blog saya yang lain di
http://hartopwt.blogspot.com  
Bersambung . . .
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Thank you for your visit on my blog, Please comment on the wisdom not contain SARA, SEX and POLITICS

Harto KBH

 
My Other Blogs : Harto KBH | Ikan Hias Purwokerto | Photo Video Purwokerto
Copyright © 2013. ELEKTRONIK PURWOKERTO - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
Template Created by Creating Website Modified by Elektronik Purwokerto